Selasa, 25 Januari 2011

labu iodium (labu iod)

LABU IODIUM (LABU IOD)

Labu iodium atau disebut juga sebagai labu iod merupakan salah satu alat gelas laboratorium yang terbuat dari kuarsa/silikat oksida, boron oksida, aluminium oksida dan natrium oksida. Labu iodium mirip labu Erlenmeyer bertutup asah dan pada mulut labu dilengkapi oleh suatu piringan kaca yang digunakan untuk menempatkan cairan/larutan atau air yang berguna untuk mengikat uap iodium hasil reaksi. Labu iodium mempunyai kapasitas ukuran 100 sampai 500.
Adapun kegunaan labu iodium adalah untuk mereaksikan zat yang biasanya menghasilkan iodium, dan dikarenakan iodium menguap maka labu tersebut dilengkapi dengan tutup asah yang dapat menahan uap iodium.
Standar operasional atau cara kerja dari alat tersebut, adalah sebagai berikut:
1. Masukkan larutan/cairan yang akan direaksikan ke dalam labu iodium.
2. Tutup labu dengan hati-hati hingga tidak terdapat gelembung udara di dalamnya.
3. Kemudian lakukan titrasi dengan pengocokan kuat.
Selain itu juga terdapat trouble shooting dalam penggunaan labu iodium(labu iod), seperti: pecahnya labu yang dpat diatasi dengan mengganti yang baru, retaknya labu yang dapat diperbaiki dengan lem, dan apabila tutup labu kurang rapat ketika sedang digunakan dalam mereaksikan, maka aroma iodium yang menyenngat akan terhirup dan akan mengganggu kerja sehingga tutp labu harus ditutup rapat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar